SELAMAT DATANG DI BLOG SD PETOMPON 05.06.07

“MEMBENTUK SISWA BERIMAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA,... CERDAS,... BERPRESTASI,... TRAMPIL,... DISIPLIN,... MANDIRI... DAN BERBUDAYA...”

Sabtu, 23 April 2011

Tips Mendampingi anak ujian sekolah


Anak stress menghadapi ujian? Orang tua jangan sampai ikut stress juga, ini dia tips untuk orang tua dalam mendampingi putra-putrinya yang akan mengikuti ujian sekolah.

1. Kenali tipe cara belajar anak, bila anak kita termasuk tipe pendengar (auditori) diskusikan materi yang dianggap sulit serta beri pertanyaan-pertanyaan. Bila anak termasuk tipe visual, bisa dibantu dengan membuatkan ringkasan dan menandai bagian-bagian yang dianggap penting.

2. Jangan membebani anak dengan target nilai yang sempurna tapi berilah motivasi bahwa anak pasti bisa melewati ujiannya dengan baik.

3. Pastikan anak tahu dan faham bentuk soal yang akan dihadapi, ini akan memudahkan anak dalam latihan serta menghindarkan anak stress pada saat ujian karena tidak mengenal “medan ujian”.

4. Hindari belajar “mati-matian” pada saat akhir, bagaimanapun belajar jauh-jauh hari akan memberikan hasil yang lebih baik. H-1 sebaiknya lebih banyak dipakai untuk mempersiapkan strategi menghadapi ujian serta mengulang bagian-bagian penting saja.

5. Ciptakan suasana tenang dan menyenangkan pada saat belajar, hindari “ngomel-ngomel” karena hanya akan menambah stress anak.

6. Selain mempersiapkan mental anak, persiapan fisik juga jangan dilupakan. Jaga kesehatan anak dengan menghindari tidur terlalu malam dan selalu sediakan makanan bergizi serta makanan ekstra bila diperlukan.

7. Bimbing anak untuk bisa menerima apa pun hasil ujiannya nanti, ingatkan anak untuk selalu berdoa sebelum ujian agar diberikan ketenangan dan kemudahan dalam ujiannya.

Semoga sukses……….


sumber: berita terkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen di sini !!!